Rabu, 05 Oktober 2016

Jaringan Nirkabel

KD 3.2 Memahami jenis-jenis teknologi jaringan nirkabel
KD 4.2 Menyajikan jenis-jenis teknologi jaringan nirkabel

Jenis-jenis jaringan nirkabel
  • Nirkabel Personal Area Network (WPAN)
  • Nirkabel Local Area Network (WLAN)
  • Nirkabel Wide Area Network (WWAN)

Wireless Personal Area Network (WPAN)
Wireless Personal Area Network (WPAN) adalah jaringan wireless dengan jangkauan area yang kecil. Contohnya Bluetooth, Infrared, dan ZigBee. Teknologi WPAN membolehkan pengguna untuk membangun suatu jaringan nirkabel (ad hoc) bagi peranti sederhana, seperti PDA, telepon seluler atau laptop. Ini bisa digunakan dalam ruang operasi personal (personal operating space atau POS). Sebuah POS adalah suatu ruang yang ada disekitar orang, dan bisa mencapai jarak sekitar 10 meter. Saat ini, dua teknologi kunci dari WPAN ini adalah Bluetooth dan cahaya infra merah. Bluetooth merupakan teknologi pengganti kabel yang menggunakan gelombang radio untuk mentransmisikan data sampai dengan jarak sekitar 30 feet. Data Bluetooth dapat ditransmisikan melewati tembok, saku ataupun tas. Teknologi Bluetooth ini digerakkan oleh suatu badan yang bernama Bluetooth Special Interest Group (SIG), yang mana mempublikasikan spesifikasi Bluetooth versi 1.0 pada tahun 1999. Cara alternatif lainnya, untuk menghubungkan peranti dalam jarak sangat dekat (1 meter atau kurang), maka user bisa menggunakan cahaya infra merah.Untuk menstandarisasi pembangunan dari teknologi WPAN, IEEE telah membangun kelompok kerja 802.15 bagi WPAN. Kelompok kerja ini membuat standar WPAN, yang berbasis pada spesifikasi Bluetooth versi 1.0. Tujuan utama dari standarisasi ini adalah untuk mengurangi kompleksitas, konsumsi daya yang rendah, interoperabilitas dan bisa hidup berdampingan dengan jaringan 802.11.

                                  Hasil gambar untuk gambar WPAN
IEEE 802.15
Adalah working group nomor 15 dari IEEE 802 spesial untuk WPAN (Wireless Personal Area Network) Standard.
Terdiri dari 5 sub standard :
  • 802.15.1 tentang WPAN / Bluetooth
  • 802.15.2 tentang Coexistance
  • 802.15.3 High Rate WPAN (11‐55 Mbit/s)
  • 802.15.4 Low Rate WPAN (kecepatan rendah dengan high battere long life misalnya Zigbee 802.15.5 Mesh Networking)
Wireless Local Area Network (WLAN)



Sebuah jaringan area lokal nirkabel (WLAN) menghubungkan dua atau lebih perangkat menggunakan beberapa metode distribusi nirkabel (biasanyamenyebar-spektrum atau OFDM radio), dan biasanya menyediakan koneksi melalui jalur akses ke internet yang lebih luas. Hal ini memberikan pengguna mobilitas untuk bergerak dalam area cakupan lokal dan masih terhubung ke jaringan. WLAN paling modern didasarkan pada IEEE 802.11standar, dipasarkan dengan Wi-Fi nama merek. WLAN pernah disebut rumput (untuk jaringan area lokal nirkabel) oleh Departemen Pertahanan.
Wireless LAN telah menjadi populer di rumah karena kemudahan instalasi, dan kompleks komersial yang menawarkan akses nirkabel ke pelanggan mereka, sering secara gratis. New York City , misalnya, telah memulai program percontohan untuk menyediakan pekerja kota di semua lima borough kota dengan nirkabel akses internet. WLAN ini sering digunakan pada PC sebagai pengganti LAN yang harus membtuhkan kabel UTP.



Wireless Wide Area Network (WWAN)
Kelompok terakhir yang cakupannya mampu menjangkau sebuah negara dan bahkan dunia dikategorikan ke dalam WWAN (Wireless Wide Area Network). Termasuk ke dalam kategori ini adalah teknologi GSM yang digunakan oleh handphone. Dengan perjanjian roaming antar operator, anda bisa menggunakan handphone anda dari negara manapun. WAN meliputi teknologi dengan daerah jangkauan luas seperti selular 2G, 3G, 4G, Cellular Digital Packet Data (CDPD), Global System for Mobile Communications (GSM), dan CDMA.
Kemunculan Teknologi Wireless ini dimulai dari peralatan handheld yang mempunyai kegunaan yang terbatas karena ukurannya dan kebutuhan daya. Tapi, teknologi berkembang, dan peralatan handheld menjadi lebih kaya akan fitur dan mudah dibawa. Telepon mobil (Handphone),  telah meningkat kegunaannya yang sekarang memungkinkannya berfungsi sebagai PDA selain telepon. Smart phone adalah gabungan teknologi telepon mobil dan PDA yang menyediakan layanan suara normal dan email, penulisan pesan teks, paging, akses web dan pengenalan suara. Generasi berikutnya dari telepon mobil, menggabungkan kemampuan PDA, IR, Internet wireless, email dan global positioning system (GPS).


Hasil gambar untuk gambar Wwan


Link :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar