Rabu, 05 Oktober 2016

JARINGAN NIRKABEL

K.D 3.1. Memahami gelombang radio sebagai media penyalur data
K.D 4.1. Menalar gelombang radio sebagai media penyalur data


Gelombang Radio

  Gelombang radio adalah satu bentuk dari radiasi elektromagnetik, dan terbentuk ketika objek bermuatan listrik dari gelombang osilator (gelombang pembawa) dimodulasi dengan gelombang audio (ditumpangkan frekuensinya) pada frekuensi yang terdapat dalam frekuensi gelombang radio (RF; "radio frequency") pada suatu spektrum elektromagnetik, dan radiasi elektromagnetiknya bergerak dengan cara osilasi elektrik maupun magnetik.


Gelombang Radio 
  • Frekuensi dan panjang gelombang
  • Teknik pemodulasian AM, FM
  • Teknik pemodulasian PM, FSK
  • Teknik pemodulasian PSK dan CDMA

Frekuensi

Frekuensi adalah banyaknya sesuatu yang terjadi setiap detiknya. Dalam kajian getaran, frekuensi dapat diartikan sebagai banyaknya getaran yang terjadi dalam satu sekon. Sedangkan dalam kajian gelombang, frekuensi dapat diartikan sebagai banyaknya gelombang yang terjadi setiap satu sekon.

Panjang Gelombang

 Panjang gelombang adalah jarak antara dua titik yang berdekatan secara identik dalam gelombang. Hal ini biasanya diukur antara dua titik agar mudah diidentifikasi, seperti dua puncak yang berdekatan atau lembah dalam bentuk gelombang. Sementara panjang gelombang dapat dihitung untuk berbagai jenis gelombang, mereka yang paling akurat diukur dalam gelombang sinusoidal, yang memiliki osilasi halus dan berulang-ulang.

Macam macam Gelombang

a. Gelombang mekanik

Gelombang mekanik adalah gelombang yang memerlukan medium untuk merambat. Contoh gelombang mekanik antara lain gelombang pada tali, gelombang air laut, dan gelombang bunyi.


b. Gelombang elektromagnetik


Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang dapat merambat tanpa melalui medium. Contoh gelombang elektromagnetik adalah gelombang cahaya, gelombang radio, dan sinar-X

Amplitude Modulation (AM)

    Dalam Amplitude Modulation (AM) gelombang pembawa dimodulasi oleh sinyal informasi, sehingga amplitudo gelombang pembawa berubah sesuai dengan perubahan simpangan (tegangan) sinyal informasi. Dengan kata lain AM adalah modulasi dimana amplitude dari sinyal pembawa (carrier) berubah karakteristiknya sesuai dengan amplitude sinyal informasi. Modulasi ini juga disebut linear modulation, yang artinya bahwa pergeseran frekuensi bersifat linear mengikuti sinyal informasi yang ditransmisikan
Dibawah ini adalah Output Bentuk Gelombang Amplitude Modulation (AM)

















Frequency Modulation (FM)

   Dalam Frequency Modulation (FM) gelombang pembawa dimodulasi oleh gelombang sinyal, sehingga frekuensi gelombang pembawa berubah sesuai dengan perubahan simpangan (tegangan) gelombang sinyal. Dengan kata lain FM adalah salah satu cara memodifikasi /merubah sinyal sehingga memungkinkan untuk membawa dan mentransmisikan informasi ke tempat tujuan. Frekuensi dari sinyal pembawa (carrier) berubah-ubah menurut besarnya amplitude dari sinyal informasi.
Dibawah adalah bentuk gelombang Frequency Modulation (FM)










 Phase Modulation (PM)

Merupakan bentuk modulasi yang merepresentasikan informasi sebagai variasi fase dari sinyal pembawa. 

Cara Kerja Phase Modulation (PM)  

PM menggunakan perbedaan sudut fase dari sinyal analog untuk membedakan kedua keadaan sinyal digital. Pada cara modulasi ini amplitude dan frekuensinya tetap, sedangkan fase-nya berubah.
Cara modulasi PM yang paling baik tetapi kompleks. PM ini digunakan dalam pengiriman data dalam jumlah yang banyak dan kecepata yang tinggi.
Kelebihan Phase Modulation (PM)
Potensi noise (gangguan atmosfir) lebih kecil
Kelemahan Phase Modulation (PM)
Bentuk modulasi rumit dibandingkan dengan AM

  Frekuensi Shift Keying (FSK)
Frequency Shift Keying (FSK) atau pengiriman sinyal melalui penggeseran frekuensi. Metode ini merupakan suatu bentuk modulasi yang memungkinkan gelombang modulasi menggeser frekuensi output gelombang pembawa. Dalam proses modulasi ini besarnya frekuensi gelombang pembawa berubah-ubah sesuai dengan perubahan ada atau tidak adanya sinyal informasi digital. Dalam proses ini gelombang pembawa digeser ke atas dan ke bawah untuk memperoleh bit 1 dan bit 0. Kondisi ini masing-masing disebut space dan mark.
  Blok diagram pemancar

  Blok diagram penerima

Phase Shift Keying Phase Shift Keying (PSK)
Phase Shift Keying Phase Shift Keying (PSK) atau pengiriman sinyal melalui pergeseran fase. Metoda ini merupakan suatu bentuk modulasi fase yang memungkinkan fungsi pemodulasi fase gelombang termodulasi di antara nilainilai diskrit yang telah ditetapkan sebelumnya. Dalam proses modulasi ini fase dari frekuensi gelombang pembawa berubahubah sesuai denganperubahan status sinyal informasi digital. Sudut fase harus mempunyai acuan kepada pemancar dan penerima. Akibatnya, sangat diperlukan stabilitas frekuensi pada pesawat penerima. 

Code DivisionMultiple Access(CDMA)
CDMA adalah teknologi terbaru untuk multiple access. CDMA tidak membagi sekumpulan frekuensi yang digunakan menjadi beberapa kanal. CDMA memberikan kode unikuntuk setiap sinyal dan kemudian mengkombinasikan semua sinyal menjadi satu kanal besar. CDMA dikenal sebagai teknologi wireless phone 3G oleh karena sangat efisien dalam pemakaian bandwidth dan juga sangat rahasia oleh karena komunikasidi enkodekan secara unik.


video seputar jaringan nirkabel
https://www.youtube.com/watch?v=_QDt2iC7cZ8
.

1 komentar: